Ingin Bisnis E-commerce Anda Sukses? Pelajari Dulu Strategi Pemasarannya!

Baca Juga

Ingin Bisnis E-commerce Anda Sukses? Pelajari Dulu Strategi Pemasarannya!
Dalam setiap jenis bisnis, strategi pemasaran dibutuhkan untuk mendorong penjualan produk hingga branding perusahaan supaya sampai ke target pasar yang diincar. Tak terkecuali untuk perdagangan elektronik atau e-commerce yang sedang marak diterapkan pelaku bisnis Tanah Air. Jenis usaha yang satu ini dianggap potensial di dunia maya mengingat masyarakat Indonesia sangat aktif menggunakan internet dan gawai yang mendukung e-commerce.

Anda sedang merencanakan bisnis yang bergerak di bidang e-commerce? Berarti Anda harus tahu juga strategi pemasaran yang cocok untuk diaplikasikan nanti, di antaranya:

Pusatkan target mikro audiensi online

Perdagangan elektronik pada dasarnya adalah tentang membentuk ‘wilayah’. Dalam hal ini, Anda akan mendefinisikan dan merancang satu situs untuk meraih audiensi berkepentingan umum atau spesifik. Apa pun barang atau jasa yang akan Anda pasarkan, pastikan Anda telah menentukan target pasar yang sanggup menempus ranah online melalui persembahan spesial.

Ciptakan kedekatan dengan konsumen

Kedekatan dengan audiensi harus dibangun sejak dini. Sekarang, sebagian besar bisnis lebih fokus pada topik-topik yang dekat dengan kehidupan konsumen. Jika Anda sanggup memenuhi kebutuhan pembeli lewat situs e-commerce, maka Anda secara tidak langsung akan menumbuhkan kepercayaan dalam diri mereka karena Anda bisa menangkap apa yang mereka perlukan lewat produk berkualitas.

Membentuk konten yang berkualitas tinggi

Konten—baik yang utama maupun sebagai penunjang—haruslah dibuat secara maksimal. Hal tersebut akan mempertajam kesan profesionalitas Anda sebagai pengelola website e-commerce. Misalnya, kalau Anda merintis situs musik digital, isilah dengan informasi terkini seputar musisi yang tengah dibincangkan di ranah publik atau jalin kerja sama dengan band untuk membuka pre-order album terbaru.

Rancang desain situs yang mudah diakses

Percuma saja kalau Anda punya website bagus, tetapi desainnya malah menyulitkan konsumen yang mau belanja di sana. Maka dari itu, sebelum merilis situs e-commerce, ada baiknya Anda minta desain yang simpel dan sesuai dengan konsep bisnis kepada web designer. Pengalaman menjelajah di website e-commerce yang bersahabat akan membuat konsumen belanja berkali-kali di sana.

Integrasikan website ke saluran/media sosial

Salah satu bentuk strategi pemasaran yang paling sering diterapkan pelaku bisnis di dunia digital adalah integrasi website ke saluran atau media sosial. Hal ini bertujuan untuk menjaring target pasar yang lebih luas sekaligus memperkenalkan usaha yang sedang Anda kelola. Pastikan juga Anda mengurus jejaring sosial yang dipilih sebagai penunjang tersebut.

Melakukan investasi ke mobile commerce

Tahukah Anda kalau mobile commerce mengalami pertumbuhan sekitar 130% setiap tahunnya? Dengan tingginya pengguna gawai di Indonesia, investasi ke mobile commerce dianggap menguntungkan bagi e-commerce yang sedang Anda kelola. Agar tetap kompetitif, tambahkan layanan mobile seperti peta, click to call, status pengiriman, dan informasi produk.

Mendorong kemampuan ke bagian logistik

Akomodasi pertumbuhan dapat Anda lakukan dengan menekan kemampuan pada penyedia logistik pihak ketiga untuk mengatur volume tinggi dari perintah kompleks. Sementara itu, berbanding terbalik dari logistik, kemampuan menangani pengembalian dengan pertukaran cepat nan ekonimis jadi pembeda utama yang perlu Anda perhatikan saat menerapkan strategi pemasaran e-commerce.

Pertimbangan untuk berlangganan commerce

Untuk berlangganan commerce, ada beberapa bentuk yang harus Anda ketahui. Misal, replenishment (model pengisian) merupakan pengiriman item komoditas ke pelanggan yang dilakukan setiap bulan. Ada pun discovery (model pendapatan) yang jauh lebih menjanjikan, karena bentuk ini memberi pengalaman berlangganan teranyar yang sulit ditemukan dan item pun disesuaikan secara berkala.

Memanfaatkan sejumlah perantara skala kecil

Strategi pemasaran terakhir yang dapat Anda terapkan adalah menjalin kerja sama dengan pelaku bisnis skala kecil. Ajak mereka untuk menjadi perantara. Sebelumnya, pastikan dulu kalau mereka mempunyai usaha yang sejalan dengan bisnis Anda dan memiliki visi-misi yang sama. Dengan begitu, Anda dan para perantara dapat menjalankan bisnis e-commerce tanpa merasa dirugikan.

Demikian informasi seputar strategi pemasaran yang dapat Anda terapkan pada bisnis e-commerce atau perdagangan elektronik. Semoga bisa membantu Anda yang baru atau sedang mengelola bisnis tersebut agar kelak jadi sukses.

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter