10 Cara Memulai Bisnis E-Commerce

Baca Juga

10 Cara Memulai Bisnis E-Commerce
E-Commerce atau istilah lainnya perdagangan elektronik adalah salah satu transaksi online yang saat ini kian digandrungi.

Banyak sekali orang yang mulai melirik bisnis yang satu ini, ada beberapa alasan mengapa orang ingin mempelajari serta menggeluti bisnis yang satu ini, antara lain biaya operasional yang relatif kecil, mudah dioperasikan, dll.

Walaupun demikian, bisnis yang satu ini memang tidak seperti transaksi offline. Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan, untuk sukses dalam bisnis tersebut.

Adapun hal-hal yang sebaiknya diperhatikan antara lain :

1. Tentukan apa yang akan dijual


Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan apa yang hendak Anda jual. Dalam hal ini Anda perlu menentukan dengan baik dan bijak, apa yang hendak Anda jual pada konsumen. Apakah itu berupa barang, jasa atau hal lainnya.

2. Tentukan pangsa pasar Anda


Hal lainnya adalah tentukan pangsa pasar Anda. Misalnya saja, Anda hendak membuat sebuah produk kecantikan, maka tentukan pada siapa produk tersebut akan dijual, apakah untuk kalangan remaja, orang tua, dll. Dengan mengenali pangsa pasar seperti ini Anda akan lebih mudah, menentukan kualitas produk serta teknik menjual produk yang sesuai dengan kebutuhan segmen pasar yang hendak dibidik.

3. Menguji produk Anda


Berikutnya adalah menguji produk yang Anda jual. Pastikan produk yang dijual sudah teruji secara klinis, tidak hanya itu, Anda juga perlu memastikan kualitas produk tersebut, apakah aman untuk digunakan atau tidak, bagaimana dengan tanggal kadalursanya serta hal lainnya. Hal-hal seperti ini perlu diperhatikan dengan baik, agar Anda mudah menyampaikan berbagai keunggulan dari produk atau barang yang dijual pada konsumen dengan baik, ini juga yang membuat para konsumen merasa yakin atau produk atau barang yang dijual berkualitas dan layak untuk mereka gunakan.

4. Metode pembayaran


Tidak ada salahnya jika Anda juga mencari tahu tentang metode pembayaran yang baik untuk bisnis yang sedang dikembangkan saat itu. Metode pembayaran yang dapat Anda lakukan untuk bisnsi E-Commerce ini memang cukup banyak. Anda dapat menggunakan transfer antara bank, atau menggunakan jasa pembayaran lainnya. Namun pastikan jasa pembayaran yang dipilih ini aman, dan pastikan dapat melakukan transaksi secara cepat.

5. Mekanisme suplai produk


Perhatikan juga bagaimana mekanisme suplai produk yang akan dilakukan. Yang dimaksud dengan mekanisme suplai produk disini adalah, bagaimana cara melakukan pengiriman produk yang Anda miliki pada para konsumen. Disini Anda dapat bekerja sama dengan salah satu atau beberapa penyedia layanan jasa pengiriman yang terpercaya. Pastikan penyedia layanan tersebut memiliki jangkauan pengiriman yang cukup luas, serta mempunyai harga ongkos kirim yang cukup murah.

Selain itu, Anda juga perlu melakukan jadwal pengiriman dengan baik, agar proses kerja sama Anda dan penyedia jasa pengiriman barang dapat terjalin dengan baik.

6. Kampanye penjualan


Yang dimaksud dengan kampanye penjualan adalah memperkenalkan produk atau jasa yang Anda miliki kepada para calon pelanggan. Teknik ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan copywriting atau menggunakan video kreatif. Teknik ini tentu harus Anda lakukan, para calon konsumen mengetahui produk atau jasa yang Anda miliki, serta menggunakannya.

7. Desain situs penjualan


Untuk memasarkan produk, Anda perlu membuat sebauh situs penjualan yang baik. Isi situs tersebut dengan informasi tentang produk, atau jasa yang Anda lakukan, serta informasi lainnya yang berkaitan dengan produk atau jasa yang Anda lakukan. Pastikan informasi yang Anda lakukan tersebut komplit, sehingga para calon pelanggan mengetahui dengan baik, tentang produk atau jasa yang diberikan.

8. Menggunakan teknik SEO dan SEM


Menggunakan teknik SEO dan SEM juga penting, teknik ini akan membawa informasi tentang produk Anda berada di ranking pertama mesin pencari. Ini yang membuat orang lebih mengenal tentang produk atau jasa yang Anda berikan.

9. Membangun reputasi


Buatlah informasi dengan baik, dan juga gratis, teknik ini yang secara tidak langsung, akan membangun reputasi Anda di mata para konsumen jadi lebih baik.

10. Menggunakan email marketing


Teknik email marketing dalam E-Commerce ini dinilai jauh lebih efisien untuk menggaet para calon pelanggan, karena dinilai lebih individu, dibandingkan iklan pada umumnya.