Ini Rahasia Sukses Bisnis E-Commerce yang Bisa Anda Praktikkan

Leave a Comment

Baca Juga

Ini Rahasia Sukses Bisnis E-Commerce yang Bisa Anda Praktikkan
Sukses bisnis adalah harapan setiap orang.

Namun sebelum memulai bisnis umumnya kita merasa bingung menentukan apa bisnis yang akan ditekuni. Selain itu, kekhawatiran sebelum memulai bisnis adalah hasil akhir dari bisnis tersebut, apakah akan untung atau sebaliknya, menjadi buntung di tengah jalan.

Mengingat, sudah bukan rahasia lagi bahwa modal untuk berbisnis tidaklah kecil. Kita perlu untuk menyiapkan modal yang cukup besar untuk memulai bisnis apalagi untuk bisnis offline.

Bagaimanapun itu, keinginan untuk berbisnis tetap harus disalurkan untuk mengetahui apakah kita benar-benar berjodoh dengan jalan keuangan yang satu ini ataukah tidak.

Jika nasib sedang baik, maka kita akan mendapatkan keuntungan yang luar biasa besar yang jauh melebihi gaji karyawan formal.

Saat ini, berbisnis yang paling mudah dilakukan dengan modal minim untuk mendapatkan keuntungan selangit adalah bisnis E-commerce berbasis internet.

Ada berbagai macam bisnis E-Commerce yang bisa Anda coba, mulai dari bisnis membuka lapak online untuk jualan baju, buku dan produk lain, menjadi dropshipper yang nyaris tidak membutuhkan biaya sama sekali, game online, forex, membuka jasa pembuatan website, dan masih banyak lagi.

Berbisnis secara online (E-Commerce) saat ini cukup mendominasi. Bisnis berbasis online ini kini menjadi solusi dari keterbatasan bisnis offline seperti menembus batas geografis, bisa dilakukan kapan dan dimana saja, jangkauan pasar yang luas, dan modal yang minim.

Cukup dengan duduk manis di rumah kita akan mendapatkan income yang menggiurkan dengan bisnis E-Commerce yang saat ini sedang booming.

Berikut tips sukses bisnis E-Commerce yang bisa Anda praktikkan untuk mendapatkan keuntungan yang berlimpah dengan modal yang minim.

Planning yang Matang

Hal pertama yang harus dimiliki oleh pebisnis online adalah melakukan perencanaan bisnis secara matang. Kesalahan fatal yang dilakukan oleh para pebisnis E-Commerce yang pada akhirnya tidak merasakan ledakan profit E-Commerce adalah perencanaan yang kurang matang.

Perasaan terburu-buru ingin sukses, rilis website atau toko online menjadi pemicu kurang matangnya perencanaan yang dilakukan. Sebaiknya, sebelum itu lakukan persiapan secara matang termasuk siapa target marketingnya, bagaimana indikasi konten yang berkualitas, dan juga lakukan pengecekan terhadap media sosial yang digunakan.

Pengecekan terhadap media sosial tersebut meliputi seberapa banyak teman yang sudah bergabung, bagaimana performa media sosialnya, dan gunakan nama asli yang menunjukkan identitas diri Anda sendiri.

Konten Berkualitas

Konten yang berkualitas adalah cara ampuh untuk meraih hati para visitors. Konten berkualitas merupakan kombinasi dari visual, tulisan dan juga audio yang matang. Berikan gambar yang memikat disertai dengan tulisan yang menarik, edukatif, dan berisi review produk yang lengkap.

Memang, untuk membuat konten yang berkualitas membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Namun apa yang Anda lakukan akan diganjar dengan antusias para pengunjung yang ingin membeli produk Anda. Usahakan untuk membuat konten yang menarik dan bervariasi agar pengunjung tidak bosan.

Ketahui Kebutuhan Customer

Penjual yang cerdas adalah penjual yang tahu betul apa yang dibutuhkan oleh para customernya. Beberapa hal yang penting untuk ditampilkan selama promosi produk adalah kenyamanan dan kepuasan customer.

Seringkali customer memilih mundur dan tidak jadi membeli karena informasi yang disertakan kurang lengkap. Seperti detail produk yang kurang, baik itu materialnya dan ukurannya, dikirim dari mana, dan ketersediaan ekspedisi yang bisa dimanfaatkan oleh customer.

Tidak hanya itu, pastikan Anda memberikan informasi mengenai cara pembayaran yang bisa digunakan agar customer bisa menyesuaikan.

Manfaatkan Media Sosial

Bisa dikatakan bahwa media sosial adalah miniatur dari kehidupan nyata. Melalui media sosial, kita bisa tahu apa yang sedang orang butuhkan dan bagaimanakah kriterianya. Dari situ, Anda bisa menawarkan jenis produk dan jasa yang tepat sehingga customer endingnya akan membeli produk kita tanpa merasa bahwa Anda sedang promote dan ingin mendapatkan profit saja.

Proses transaksi yang seperti ini cenderung lebih membekas atau meninggalkan kesan positif yang akan mendatangkan next order dari customer tersebut. Jeli dalam melihat kriteria seseorang sangatlah penting. Gunakan pendekatan yang baik agar calon customer tidak merasa terintimidasi dengan aksi promosi Anda.

Selamat berbisnis ecommerce.

0 komentar: