Media Sosial atau Situs E-commerce, Mana yang Lebih Menjanjikan buat Bisnis Online?

Leave a Comment

Baca Juga

Mana yang Lebih Menjanjikan buat Bisnis Online?
Media Sosial atau Situs E-commerce, Mana yang Lebih Menjanjikan buat Bisnis Online?

Tren jual-beli secara online di Indonesia yang sedang berkembang pesat sukses menyita perhatian masyarakat luas.

Orang-orang yang mulanya berbelanja di toko fisik mulai beralih ke online shop karena dianggap lebih praktis.

Betapa tidak? Online shopping hanya mengandalkan koneksi internet dan gawai seperti ponsel pintar atau laptop untuk membeli kebutuhan yang Anda perlukan.

Di sisi lain, kegiatan belanja di dunia maya di Indonesia masih didominasi pebisnis yang mengandalkan media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Nyatanya, ada platform lain yang bisa Anda pakai untuk berjualan secara online, salah satunya adalah website.

Situs yang kemudian dijadikan toko virtual tersebut umumnya dimanfaatkan dalam usaha perdagangan elektronik atau e-commerce.

Sebelum Anda memutuskan platform mana yang sesuai dengan kebutuhan berbisnis, mari pahami dulu kelebihan dan kekurangan media sosial berikut ini.

Layanan serba gratis

Beberapa jejaring sosial seperti Facebook dan Instagram menyediakan akun personal dan bisnis. Jika Anda mempunyai bujet yang masih terbatas, tidak ada salahnya untuk mulai usaha dari akun personal yang layanannya serba gratis. Namun, performa Anda dalam berbisnis mungkin tidak akan optimal mengingat akun personal hanya menyediakan fasilitas berbasis akun privat. Sementara akun bisnis dibekali layanan dan fasilitas yang bakal menunjang promosi Anda di dunia maya.

Batasan berbisnis online

Seperti namanya, media sosial merupakan wadah mencari teman atau bersosialisasi secara virtual. Seiring dengan perkembangan tren, jejaring sosial mengalami perubahan fungsi menjadi tempat berbisnis.

Untuk sekarang, Anda mungkin bebas berjualan dan mendapatkan untung banyak. Namun, bagaimana kalau suatu saat nanti pemilik media sosial tadi menetapkan aturan dilarang berbisnis di platform-nya karena ingin fokus menjadikan tempat tersebut sebagai area sosialisasi?

Usia tren yang relatif singkat

Apa Anda ingat Friendster, Multiply, atau MySpace?

Tiga media sosial ini pernah mempunyai masa jaya, tapi perlahan meredup karena kehadiran jejaring sosial baru. Pengguna yang bosan pun mulai pindah mengikuti tren. Bukan tidak mungkin hal tersebut kembali terjadi pada media sosial yang sekarang sedang digandrungi.

Dianggap sebagai akun spam

Sebagian pelaku bisnis yang tidak terlalu paham usaha online biasanya menerapkan promosi yang salah. Antara lain tag foto ke pengguna-pengguna yang tak dikenal, promosi di kolom komentar akun public figure, dan lain sebagainya. Tindakan-tindakan yang kurang menyenangkan atau mengganggu tersebut akan membuat akun dianggap sebagai spam dan tidak bisa dioperasikan selama beberapa hari.

Komunikasi yang kurang efektif

Ketika akun yang Anda kelola memiliki jumlah pengikut atau followers sedikit, mungkin Anda tidak akan mengalami kesulitan saat berkomunikasi dengan para pembeli. Akan tetapi, begitu online shop Anda menjadi besar, Anda bakal kewalahan. Apalagi di media sosial, urusan pembayaran dan konfirmasi harus dilakukan secara terpisah mengingat tak adanya fitur untuk menghitung jumlah item beserta harga dan lain sebagainya.

Kelebihan dan kekurangan media sosial di atas dapat Anda bandingkan dengan kemudahan yang akan didapatkan saat belanja di situs e-commerce berikut ini.

Punya nama domain sendiri

Platform blog atau website yang menyediakan domain berbayar akan semakin memudahkan Anda untuk branding toko. Sehingga, Anda juga akan lebih mudah menjaring target pasar ke situs tersebut.

Menerima pesanan 24 jam

Berbeda dari media sosial, website e-commerce mempunyai fitur yang lebih lengkap, termasuk layanan pemesanan barang. Jadi, Anda bebas belanja kapan dan di mana saja. Begitu melengkapi pemesanan, tinggal tunggu respons dari adminnya.

Sistem pengelolaan otomatis

Berkaitan dengan poin sebelumnya, situs e-commerce dapat menghitung biaya belanja sekaligus ongkos kirim secara otomatis. Anda juga bisa memanfaatkan kupon untuk memperoleh potongan harga. Sebagian besar pengelola perdagangan elektronik pun menyediakan lebih dari satu metode pembayaran untuk kebutuhan transaksi.

Meningkatkan kepercayaan dari konsumen

Dengan memakai domain sendiri, situs Anda tak hanya mudah di-branding, tapi juga mampu meningkatkan kredibilitas di mata konsumen. Nama yang Anda usung sendiri secara tidak langsung akan menunjukkan profesionalitas dari website e-commerce yang dikelola, sehingga mereka pun tidak akan ragu berbelanja.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan antara media sosial dan situs E-commerce.
Menurut Anda, mana yang lebih menjanjikan buat membangun bisnis online Anda?

0 komentar: