Kenapa Memilih Transportasi Online Berbasis Aplikasi?

Baca Juga

Uber Transportasi Online Berbasis Aplikasi
Kehadiran transportasi online bisa membantu banyak orang terutama mereka yang menginginkan transportasi yang nyaman dan murah.

Selain itu, transportasi online (khususnya mobil) juga tidak di sibukkan dengan waktu nunggu seperti di kendaraan konvensional yang kadang banyak nunggu penumpang, sehingga penumpang yang sudah ada di dalam belum juga bisa memulai perjalanannya.

Transportasi online bisa lebih menghemat waktu. Begitu tiba, Anda masuk dan kendaraanpun langsung jalan dengan tidak melakukan penungguan terhadap penumpang lain.

Dengan beberapa kelebihan itu, apakah keberadaan transportasi online berbasis aplikasi ini akan mengalahkan transportasi konvensional?

Jawaban nya bisa iya bisa juga tidak.

Tidak semua orang suka dengan hal baru.

Tidak semua orang mau mempelajari hal baru.

Tidak semua orang mau mengikuti tren baru.

Di samping itu, transportasi online terkait dengan beberapa hal seperti sinyal, kuota, batere dan smartphone itu sendiri. Jika salah satunya tidak ada, transportasi online tidak bisa di pesan.

Meski memang ada celah bagi transportasi konvensional untuk tetap bekerja, alangkah lebih bagus jika mereka melakukan pembenahan.

Berikut beberapa hal yang mungkin bisa dilakukan oleh transportasi konvensional supaya bisa bersaing dengan transportasi online.

Lakukan peremajaan terhadap kendaraan. Alasannya karena banyak penumpang yang lebih suka naik kendaraan baru dan bersih sehingga mereka merasa nyaman di dalam perjalanannya.

Driver “berkelakuan baik”. Penumpang tidak akan betah jika drivernya ugal-ugalan atau menjalankan kendaraan seenaknya dengan tidak mengindahkan rambu-rambu lalu lintas atau tidak menghargai pengendara lain, terlebih lagi jika driver itu punya tata krama yang kurang di sukai banyak orang semacam kecut dan teman-temannya.

Melakukan hal seperti yang dilakukan taksi, langsung melakukan perjalanan ketika sudah ada penumpang.

Satu hal tadi mungkin agak susah, tapi jika calon penumpang sudah tahu jika setiap kurang lebih di jam sekian, akan ada kendaraan jurusan ini yang lewat, mereka akan terbantu.

Transportasi online sepertinya menerapkan prinsip bahwa penumpang adalah raja. Mereka berusaha maksimal untuk melayani penumpang dengan pelayanan terbaiknya.

Sebuah pertanyaan, apakah transportasi konvensional sudah seperti itu?

Beberapa hal yang diinginkan penumpang.

Bisa mengatur waktu karena tahu jam berapa memulai perjalanan dan jam berapa akan tiba di tujuan.

Tahu dengan pasti berapa ongkos perjalanannya.

Merasa nyaman dan aman karena kendaraannya baru dan bersih dengan driver yang bisa dipertanggungjawabkan.

Bicara transportasi online berbasis aplikasi di Indonesia telah ada beberapa dan salah satunya adalah Uber.

Keuntungan untuk Anda menjadi penumpang Uber.

Uber sangat peduli dengan penumpangnya. Data GPS dicatat pada tiap perjalanan sehingga Uber akan mengetahui siapa driver Anda dan ke mana Anda pergi.


Pesan Uber. Masukkan tujuan untuk mendapatkan perkiraan biaya perjalanan Anda.
Lihat setiap opsi perjalanan untuk mengetahui hal lain seperti waktu tunggu atau kapasitas penumpang, dll.
Periksa harganya sebelum memutuskan. Sentuh pesan jika Anda sudah merasa pasti.
Tunggulah driver Anda atau lihat di GPS supaya Anda bisa memperkirakan waktu kapan kendaraan tiba di posisi Anda.

Lakukan Perjalanan. Anda akan menerima data mengenai driver termasuk kontaknya serta detil kendaraan yang Anda pesan. Jika sudah tiba cek lagi kendaraannya untuk memastikan Anda naik di kendaraan yang tepat.

Tiba dan Bayar. Jika sudah sampai di tempat tujuan Anda, turun dan bayar sesuai dengan yang tertera di tagihan.

Jangan lupa untuk beri rating bagi driver Anda.

Perlu di ketahui juga, bahwa driver pun memberikan rating kepada penumpangnya.

Pesanlah Uber jika memang Anda sudah pasti akan berangkat. Jika sudah memesan lalu Anda membatalkan, Anda akan terkena biaya. Lebih jelasnya Anda bisa tanya ke supportnya.

Tertarik jadi driver Uber?